Jumat, 21 Juni 2019

11 Kiat Sukses Menjadi Muqrinul Qur’an (Pembaca Al Qur’an)

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Saudara muslim dimanapun berada, semoga Allah menjadikan kita sebagai hamba yang beriman dan bertaqwa sepanjang hayat sehingga saat maut berpisah dari raga kita dengan keadaan khusnul khotimah. Amin

Untuk memotivasi diri kita agar terus belajar memperbaiki bacaan Al Qu’an sesuai dengan makharijul huruf dan tajwid yang baik dan benar, berikut kami sajikan 11 tips dan kiat untuk menjadi pembaca Al Qur’an yang fasih.

  1. Niat yang ikhlas
  2. Keyakinan yang kuat
  3. Dengan talaqqiy dan musyafahah
  4. Disiplin membaca setiap hari
  5. Membiasakan membaca dengan satu jenis Al Qur’an
  6. Merasa terikat dengan menambah bacaan setiap hari
  7. Banyak mendengarkan bacaan tartil dari masyayikhil qurro’
  8. Membuka diri untuk menerima nasehat
  9. Bacalah Al Qurvan dengan luhunul Arob wa’asqatiha sebagaimana pesan nabi yang diriwayatkan Imam Tobroni
  10. Carilah guru Al Qur’an yang betul-betul ahli dalam makhorijul huruf washifatiha. Karena guru Al Qur’an itu keahliannya berbeda-beda. Ada yang ahli dalam bidang makharij dan sifat huruf, ada yang ahli dalam bidang tafsir, ada yang kemampuannya dalam bidang tajwid namun tidak terlalu mendalam. Maka sehubungan dengan Imam Ashim pernah berguru ke 70 guru Al Qur’an dan nabi pun pernah berpesan “Barang siapa yang ingin membaca Al Qur’an secara fasih dan orisinil sebagaimana Al Qur’an diturunkan, maka belajarlah kepada Abdullah Bin Mas’ud” .
  11. Praktikanlah makhorijul huruf dan sifat sifatnya dengan tanpa mubalaghoh (melebih lebihkan) dan takalluf (memaksa maksa) sebagaimana pesan Imam Al Jazari “dengan mengucapkan huruf tanpa bersusah payah”

Demikianlah 11 tips kiat sukses untuk menjadi pembaca Al Qur’an yang baik dan benar, semoga bermanfaat dan menjadikan diri lebih baik dalam membaca dan mendawamkan kita untuk selalu berinteraksi dengan Al Qur’an dalam keseharian./Awaludin Ahmad

Tidak ada komentar:

Posting Komentar