Rabu, 26 Juni 2019

Prinsip-Prinsip Manajemen Kelas

Seringkali kita menemukan masalah tidak bisa mengatur atau me manajemen kelas dengan baik.

Padahal salah satu indikator kesuksesan seorang guru di kelas adalah bisa mengajar dan menyampaikan pelajaranya dengan baik.

Namun pada praktiknya kendala-kendala yang terjadi sering muncul entah dari guru maupun murid. Menghidupkan kelas dan membawa murid lebih antusias adalah jawabannya.

Tapi bagaimanakah caranya ? Ditulisan ini kami mencoba mengulas satu persatu prinsip-prinsip manajemen kelas. Silakan disimak.

1. Hangat dan antusias

Guru haruslah bersikap hangat dan antusias saat mengajar dikelas, agar bisa menarik perhatian murid-muridnya. Sikap seorang guru

2. Tantangan

Anak-anak Bosan belajar memang menjadi kendala yang sering terjadi. Untuk menghilangkannya, kita bisa lebih kreatif mengelola kelas salah satunya memberikan tantangan yang mendidik.

Memberikan tantangan bisa membuat murid lebih bersemangat belajar.

Sebagai contoh kita bisa membuat game dan m emberikan sedikit hadiah kepada pemenangnya.

3. Bervariasi

Bervariasi di sini maksudnya seorang guru jangan sampai monoton saat mengajar. Begitu-begitu saja, membuat para siswanya bosan, bahkan saat melihat gurunya masuk kelas mereka merasa jengah.

Cobalah untuk lebih kreatif saat menyampaikan mata pelajaran.

4. Penekanan Pada Hal-hal Postif

Dalam pengajaran hendaknya kita jangan melupakan pendidikan karakter, mengajar matematika tetapi tetap bisa mengingatkan kepada hal yg postif.

5. Penanaman Disiplin Diri

Bagaimana cara mendidik anak supaya disiplin, jawaban yg paling tepat adalah dengen keteladanan.

Memberikan contoh yg baik akan memberikan kesan tersendiri bagi sang anak, semisal tepat waktu datang ke kelas, menggunakan pakaian yg sesuai dan rapi, dsb akan membuat murid kita segan dan akan meneladani hal baik tersebut.

Begitulah prinsip-prinsip manajemen kelas yang sangat fleksibel di gunakan, semoga bermanfaat dan dapat di terapkan pada kehidupan nyata.

(Iffa)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar