Rabu, 26 Juni 2019

Peran Pengasuhan Di Pesantren

Pengasuhan peranannya bagaikan jantung di pondok pesantren. Di pesantren Darunnajah ada yg di sebut dengan Hidden curiculum. Yaitu pendidikan karakter.

Semua aspek dan rangkaian kegiatan yang ada di pesantren bertumpu pada proses. Maka salah jika niat santri masuk ke pesantren hanya karena ingin mendapat nilai yang besar.

Kenapa peran pengasuhan seperti jantung di pesantren ? Karena faktanya waktu yang dihabiskan santri di asrama lebih banyak dibandingkan di dalam kelas.

Dalam kesaharian, pengasuhan mengambil peranan penting untuk mendidik santri agar memiliki karakter yang baik, santun dan sholih.

Ada 3 hal penting yang harus d tanamkan kepada santri yaitu : Ibadah, Akhlak dan Aqidah. Maka 24 jam santri di atur dengan pola hidup yang baik. Ini di sebut dengan hidden curiculum, tidak perlu dipelajari maupun dihafal, namun harus diterapkan dan dibiasakan.

Maka adapun peran wali kamar terhadap anggota kamarnya, seperti ibu sendiri, mengayomi namun tetap tegas menegakan disiplin pondok.

Kita ambil contoh, setiap sore ada ngaji bareng yang dibimbing oleh wali kamarnya, kemudian menegakan kedisiplinan dan tanggung jawab dari hal terkecil yaitu menjaga kebersihan dan kenyaman kamar.

Itu mungkin terlihat sepele, namun kenyataanya kesadaran itu perlu di bentuk dan di biasakan sejak dini. Maka semua aspek kegiatan santri tidak akan terlepas dari pengasuhan.

 

(iffa)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar