Study tour atau rihlah merupakan kegiatan di luar kelas yang bertujuan untuk mempelajari proses yang sebenarnya langsung di lapangan. Tour diadakan karena kebutuhan siswa untuk mendapatkan pengalaman secara langsung. Hal tersebut diadakan karena tidak mungkin menghadirkan setiap peristiwa ke dalam kelas untuk dipelajari dan diamati.
Beberapa manfaat study tour atau rihlah antara lain:
Menyediakan sumber yang dapat memperkaya informasif actual yang tercantum dalam buku, dan membuat teks dalambuku menjadi berarti.
Terkadang hanya dengan membaca buku saja siswa akan merasa jenuh dan tidak dapat meresapi secara uruh penjelasan dalam buku.Study tour memberikan solusi masalah ini, karena siswa dapat secaralangsung terjun ke lapangan melihat atau mengamati objekpembelajaran. Hal itu menjadikan isi dalam buku menjadi lebihmenarik untuk dipelajari.
Mengembangkan sikap ingin tahu peserta, dan memperluas pengertian
Study tour adalah program pembelajaran siswa langsung ke lapangan,dengan melihat dan mengamati secara otomatis akan timbul perasaaningin tahu siswa dan keinginan siswa untuk lebih banyak bertanyakarena tidak mampu menjelaskan fenomena yang ia amati secaralangsung di lapangan.Dengan mendapatkan penjelasan secara langsung dari pakar, siswaakan lebih banyak tahu tentang objek pembelajaran dibandingkan hanya sekedar membaca buku.
Menyediakan pengalaman melalui objek, tempat, situasi, dan hubungan antar manusia yang tidak dapat disediakan di kelas.
Tidak semua peristiwa dan objek pembelajaran dapat dihadirkan dalam kelas, oleh karena iyu study tour dapat memecahkan masalah ini melalui penelitian langsung kelapangan.
Mempertajam kesadaran siswa terhadap lingkungan.
Dengan melakukan pengamatan langsung ke lingkungan objekpembelajaran siswa akan lebih mengenal cirri-ciri dan karakteristiklingkungan yang khas sesuai dengan objek yang diteliti.
Mengenalkan siswa tentang kemungkinan bidang kerja atau karir yang bisa mereka masuki sesuai dengan cita-cita mereka.
Study tour dapat menumbuhkan rasa tertarik siswa terhadap objek yang diamati, mungkin saja setelah kegiatan selesai siswa akan lebihbanyak mencari tahu untuk memuaskan rasa ketertarikannyaterhadap objek yang diamati. Hal itu menyebabkan siswa ingin bekerja sesuai dengan bidang yang siswa minati ketika mengamati objek.
Memadukan kelas dengan komunitas terbaru dan lingkunganyang lebih besar dan lebih berarti.
Dengan terjun langsung ke lapangan siswa akan menyatu dengankomunita baru di luar kelas sehingga akan ada hal-hal baru yang menarik dan unik.
Mempererat keakraban dengan teman satu kelas dan melatih kerjasama antar siswa dalam suatu kelompok.
Ketika study tour berlangsung siswa akan menemui hal-hal baru yang baginya menarik, hal-hal baru ini akan ia share dengan teman-temansehingga akan menambah keakraban.Melalui kegiatan study tour siswa dituntut untuk dapat membuatlaporan yang baik dengan cara berkelompok, laporan yang baik tidakmungkin terwujud apabila tidak ada kerjasama yang baik antar siswadalam suatu kelompok.
Memberikan suasana relaksasi di tengah rutinitas yang terkadang menjemukan.
Kepadatan situasi pembelajaran dalam kelas dan mungkin juga rasabosan terhadap lingkungan yang dari hari kehari hanya itu-itu sajamembuat siswa menjadi jenuh. Dengan diadakannya study tour akanmemberikan relaksasi dan penyegaran di tengah kepadatanpembelajaran dalam kelas yang monoton.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar